Website Resmi SMP Negeri 3 Mlati

Profil Sekolah

Visi dan Misi

VISI

 

“ Membentuk peserta didik yang bertaqwa, beriman, berprestasi, berbudi pekerti luhur, berbudaya,  peduli lingkungan, cinta bangsa dan negara, serta berwawasan global“

 

Indikator Visi :

1.    Rajin beribadah dan aktif dalam kegiatan keagamaan

2.    Berprestasi dalam bidang akademik

3.    Berprestasi dalam bidang non akademik

4.    Berbudi pekerti luhur

5.    Berbudaya membaca dan belajar dengan tekun

6.    Berbudaya sopan santun dan berperilaku positif

7.    Berbudaya bersih dan indah

8.    Berbudaya peduli lingkungan

9.    Berbudaya tertib dan disiplin

10. Bijak dalam menghadapi tantangan global.

 

 

MISI

 

1.    Melaksanakan kegiatan dan bimbingan belajar agama agar siswa rajin beribadah dalam menjalankan agamanya masing- masing

2.    Melaksanakan kegiatan dan bimbingan belajar untuk mencapai prestasi dalam bidang akademik

3.    Melaksanakan kegiatan dan bimbingan belajar agar siswa berprestasi dalam bidang  non akademik

4.    Melaksanakan kegiatan dan bimbingan belajar PKn, BK, Seni Budaya, agar siswa berbudi pekerti luhur

5.    Melaksanakan kegiatan dan bimbinganbelajar secara aktif, kreatif, dan inovatif

6.    Melaksanakan bimbingan kepada siswa untuk berbudaya sopan santun dan berperilaku positif

7.    Melaksanakan kegiatan dan bimbingan kebersihan dan keindahan di lingkungan sekolah dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab

8.    Melaksanakan bimbingan agar siswa peduli terhadap lingkungan di sekolah

9.    Melaksanakan kegiatan dan bimbingan karakter bangsa dengan cara membudayakan siswa  tertib dan disiplin

10. Melaksanakan kegiatan yang memanfaatkan kemajuan IPTEK untuk menghadapi tantangan global.

 

 

TUJUAN

 

Tujuan Satuan Pendidikan di SMP Negeri 3 Mlati jangka  pendek (1 tahun ke depan) adalah :  

 

1.   Standar Isi

a.    Sekolah mengembangkan kurikulum sesuai Standar Nasional Pendidikan

b.    Sekolah mengembangkan proses pembelajaran berbasis Teknologi Informasi

c.    Sekolah dikembangkan sebagai sekolah yang berwawasan dan berbudaya lingkungan

d.    Sekolah mengembangkan kegiatan berwawasan lingkungan dan pembentukan  karakter yang berakhlak mulia

e.    Sekolah melaksanakan mata pelajaran berbasis budaya lokal yaitu pembelajaran Bahasa Jawa

f.   Sekolah melaksanakan mata pelajaran berbasis budaya lokal yaitu pembelajaran Mulok Potensi Daerah Ketrampilan Anyam dan Batik

g.    Sekolah melaksanakan mata pelajaran berbasis lingkungan yaitu pembelajaran Ekstra Pendidikan Lingkungan Hidup

h.    Sekolah melaksanakan pengembangan karakter dan akhlak mulia dengan pelaksanaan Tadarus dan pembinaan rohani setiap Sabtu pagi

i.      Sekolah melaksanakan pembiasaan karakter peduli lingkungan dan kebersihan dengan kegiatan kerjabakti yang terjadwal

j.     Sekolah melaksanakan pembiasaan  literasi sekolah  sesuai jadwal membaca  masing-masing kelas dengan bimbingan guru dan wali kelas.

 

2.   Standar Proses

a.    Sekolah mengembangkan RPP seluruh mata pelajaran untuk kelas VII, VIII dan IX sesuai dengan silabusnya

b.    Guru mengembangkan RPP dan melaksanakan proses pembelajaran pendekatan saintifik dalam kegiatan belajar mengajar.

c. Sekolah mengembangkan RPP berkarakter mulia, berwawasan lingkungan hidup, bermuatan swaliba, pendidikan lalulintas, berwawasan gender, pendidikan anti narkoba, pendidikan seni budaya, literasi, PPK dan mitigasi bencana

d.    Sekolah mengembangkan proses pembelajaran berbasis Teknologi informasi

e.    Sekolah mengembangkan proses pembelajaran berbasis Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan ( Student Activ Learnig )

f.     Sekolah mengembangkan proses pembelajaran berbasis CTL

g.    Terwujudnya warga sekolah gemar membaca dan belajar 100%

h.    Sekolah mengembangkan budaya senyum, sapa, salam dengan sopan sehingga tercipta perilaku positi/berbudi pekerti luhur yang dapat membuat situasi nyaman di sekolah
Sekolah mengembangkan kegiatan berwawasan lingkungan dan pembentuka karakter berakhlak mulia

i.    Sekolah mengembangkan terwujudnya budaya tertib dan disiplin di sekolah ( 100%). Siswa hadir di sekolah setidaknya 15 menit sebelum pelajaran dimulai

j.     Kepala Sekolah, staf, guru dan karyawan datang/masuk bekerja dan pulang/meninggalkan sekolah tepat waktu.

 

 

Sejarang Singkat

SMP Negeri 3 Mlati berdiri pada 9 Oktober 1982. Pada awal berdirinya sekolah ini masih menumpang di SMP Negeri 2 Gamping. Setelah mempunyain gedung sendiri sekolah ini bernama SMP Negeri 3 Tlogoadi pada akhirnya berubah nama menjadi SMP Negeri 3 Mlati yang beralamat di Gedongan Tlogoadi Mlati Sleman Yogyakarta.

Sejak saat itu pergantian pimpinan sekolah dapat diurutkan sebagai berikut :

  1. Tahun 1982-1983 dipimpin oleh Ibu Dra. Hartini 
  2. Tahun 1983-1984 dipimpin oleh Bapak Suratman
  3. Tahun 1984-1992 dipimpin oleh Bapak Sugiman, B.A.
  4. Tahun 1992-1993 dipimpin oleh Bapak Sugono, B.A.
  5. Tahun 1993-1999 dipimpin oleh Bapak Sujud
  6. Tahun 1999-2002 dipimpin oleh Bapak Dulailah Sinung Rahardjo, B.A.
  7. Tahun 2002-2002 dipimpin oleh Bapak Sunardjo, B.A.
  8. Tahun 2002-2005 dipimpin oleh Bapak Drs. Fatchurrohman, M.Pd.I
  9. Tahun 2005-2009 dipimpin oleh Bapak Sugeng, S.Pd.
  10. Tahun 2009-2009 dipimpin oleh Bapak Drs. Thomas Dwi Heru Santosa
  11. Tahun 2009-2018 dipimpin oleh Ibu Dra. Wahyuni Nur Hidayati
  12. Tahun 2018-2018 dipimpin oleh Ibu R.R. Suratiningsih, S.Pd.
  13. Tahun 2018 sampai sekarang dipimpin oleh Ibu Dra. Nurhidayati, M.Pd.

Sarana & Prasarana

Berikut ini adalah sarana dan prasarana yang ada di sekolah :

Standar Sarana Prasarana

a.    Setiap ruang kelas tersedia LCD dan kipas angin yang dapat difungsikan

b.    Setiap ruang laborat tersedia LCD dan kipas angin yang dapat difungsikan

c.    Tersedia komputer dan printer untuk staf demi kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas dan kewajiban

d.    Tersedia tiga ruang laboratorium komputer yang berfungsi dengan baik

e.    Tersedia buku-buku pegangan untuk semua mata pelajaran secara mencukupi

f.     Tersedia kamar mandi siswa, guru, kepala sekolah dan karyawan yang bersih dan terawat

g.    Tersedia bak sampah di setiap ruang yang terawat dengan baik

h.    Tersedia alat-alat kebersihan yang mencukupi dan terawat

i.      Tanaman di lingkungan sekolah yang teratur dan terawat

j.     Terwujudnya doorloop penghubung antara laboratorium IPA dengan ruang TIK

Struktur Organisasi

Kepala Sekolah

Dra. Nurhidayati, M.Pd.  adalah kepala SMP Negeri 3 Mlati  yang ke 13 sejak berdirinya sekolah ini pada tahun 1982. Lahir di Sleman pada tahun 1969. Menghabiskan masa kecil sampai selesai tingkat SLTA di Sleman. Jurusan Bahasa Indonesia di IKIP membawanya menjadi seorang sarjana pada tahun 1991. Magister Manajemen Pendidikan diselesaikannya pada tahun 2018 di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Program Kerja

1. Standar Kompetensi Lulusan

a. Sekolah meningkatkan rata-rata nilai UN untuk kelas 9; meningkatkan rata-rata nilai PAS untuk kelas 7,8, dan 9; meningkatkan rata-rata nilai PAT untuk kelas 7 dan 8; dan perolehan nilai di atas KKM  pada semua mata pelajaran

b. Mengikut sertakan siswa dalam kegiatan  Olimpiade Sains Nasional  ( OSN ) atau Olimpiade Siswa Nasional dan memperoleh kejuaraan

c. Mengikutsertakan siswa dalam kegiatan  Olimpiade Olah Raga Siswa Nasional ( O2SN ) dan memperoleh kejuaraan

d. Meningkatkan prestasi non akademik (Olahraga dan seni) sebagai berikut :

 

1.    Menjadi juara 1 dalam lomba Drumband  tingkat provinsi

2.    Menjadi juara 1 dalam lomba Taekwondo tingkat propinsi

3.    Menjadi juara 1 dalam lomba Tonti tingkat Kabupaten

4.    Menjadi juara 1 dalam lomba MTQ tingkat Kabupaten

e. Menargetkan 100 % lulusan melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi.

 

2. Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan

1.    Sekolah memiliki tenaga pendidik dengan kualifikasi sarjana 100%

2.    Sekolah memiliki tenaga pendidik bersertifikasi pendidik 100%

3.    Sekolah memiliki tenaga pendidik yang menguasai teknologi informasi 100%

4.    Sekolah memiliki Kepala Laborat yang bersertifikat

5.    Sekolah memiliki Kepala Perpustakaan yang bersertifikat

6.    Sekolah memiliki   pendidik dan tenaga kependidikan yang aktif berkualitas dalam kegiatan intern dan ekstern.

3. Standar Pengelolaan

a.    Setiap guru mampu menggunakan LCD untuk  pembelajaran.

b.    Staf, guru dan karyawan bertanggung jawab terhadap tugas dan kewajibannya.

c.    Setiap guru atau karyawan yang tidak hadir atau tidak bisa melaksanakan tugasnya memberitahukan atau minta ijin kepala sekolah dengan menyerahkan atau memberikan tugas untuk siswa.

d.    Guru dan staf karyawan piket melaksanakan tugasnya dengan baik, datang lebih awal dan meninggalkan sekolah lebih kemudian.

e.    Kepala Sekolah, Staf, guru, karyawan dan siswa menggunakan sarana dan prasarana dengan baik dan bertanggungjawab.

f.     Kepala Sekolah, Staf, guru, karyawan dan siswa peduli dan berperan serta dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

g.    Kepala Sekolah, Staf, guru , karyawan dan siswa ikut serta secara aktif dalam pemeliharaan tanaman yang ada di lingkungan sekolah.

 

4. Standar Pembiayaan

a. Meningkatkan efektifitas dan efisiensi penggunaan keuangan.

b. Meningkatkan akuntabilitas dan transparansi keuangan sekolah.

c. Meminimalkan penyalah gunaan anggaran sekolah.

d. Menjamin agar dana yang tersedia dipergunakan untuk kegiatan harian sekolah

e. Membiayai pemeliharaan barang-barang aset sekolah

f. Menjaga agar peraturan-peraturan serta praktek penerimaan, pengeluaran uang , dan pencatatanya diketahui dan dilaksanakan dengan baik.

g. Memenuhi kebutuhan sekolah semaksimal mungkin.

 

5. Standar Penilaian

a.    Penetapan KKM setiap mata pelajaran yang harus dicapai oleh siswa setidaknya 65

b.    Pelaksanaan kegiatan remidi jika siswa belum mencapai KKM yang ditetapkan dan pengayaan untuk siswa yang tuntas

c.    Pelaksanaan ulangan harian masing-masing mata pelajaran.

d.    Pelaksanaan Penilaian Tugas terstruktur dan tidak terstruktur  pada setiap mata pelajaran

e.    Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester untuk semua mata pelajaran

f.     Pelaksanaan Penilaian Akhir Semester dan Penilaian Akhir tahun untuk semua mata pelajaran

g.    Pelaksanaan Latihan Ujian/Tes Pendalaman Materi

h.    Meningkatnya nilai Penilaian Akhir Semester maupun Penilaian Akhir Tahun untuk semua mapel dan nilai UN untuk empat mapel yang di-UN-kan

 

 

 

Kondisi Siswa

Berikut ini adalah gambar tabel kondisi siswa di sekolah kami :

Komite Sekolah

Semenjak diluncurkannya konsep Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah dalam sistem manajemen sekolah, Komite Sekolah sebagai organisasi mitra sekolah memiliki peran yang sangat strategis dalam upaya turut serta mengembangkan pendidikan di sekolah. Kehadirannya tidak hanya sekedar sebagai stempel sekolah semata, khususnya dalam upaya memungut biaya dari orang tua siswa, namun lebih jauh Komite Sekolah harus dapat menjadi sebuah organisasi yang benar-benar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi serta prakarsa dari masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan di sekolah serta dapat menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel, dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan yang bermutu di sekolah.

Agar Komite Sekolah dapat berdaya, maka dalam pembentukan pengurus pun harus dapat memenuhi beberapa prinsip/kaidah dan mekanisme yang benar, serta dapat dikelola secara benar pula. Susunan pengurus Komite Sekolah adalah sebagai berikut:

Ketua 1          :   Drs. H. Suparlan, M.Pd
Ketua 2          :   Ir. Sukoco

Sekretaris 1   :   Dra. Susiyanti
Sekretaris 2   :   Sukamto, SH

Bendahara 1  :   Kartini, SE
Bendahara 2  :   Hamid Awaludin

Anggota  1    :   Sukamdani, SE
Anggota 2     :   H. Parto
Anggota 3     :   Hj. Sukartilah
Anggota 4     :   Sunardi

Prestasi Siswa

Prestasi di Bidang Akademik :

  •  

Prestasi di Bidang Non-Akademik :

  • Juara III Lomba Geguritan “International Day” SMK Kesehatan Sadewa Sleman Yogyakarta 2021
  • Juara I Lomba Speech “International Day” SMK Kesehatan Sadewa Sleman Yogyakarta 2021
  • Juara II Lomba Speech “International Day” SMK Kesehatan Sadewa Sleman Yogyakarta 2021
  • Harapan I Lomba MTQ tingkat SMP Wilayah Sleman Tengah 2021
  •  

Share this 

Facebook
WhatsApp
Twitter
Email